Olahraga untuk Menurunkan Berat Badan dengan Cepat

Obesitas adalah suatu keadaan menumpuknya lemak yang berlebihan di dalam tubuh yang membuat berat badan berada di luar batas idealnya.

Untuk mengetahui apakah Anda mengalami obesitas atau tidak, silahkan simak cara perhitungannya dengan menggunakan rumus BMI (Body Mass Index).
BMI dihitung dengan cara membagi berat badan (kg) dengan kuadrat dari tinggi badan (m).

Klasifikasi BMI:
x < 18,5 terlalu kurus
18,5 < x < 25 normal
25 < x < 30 kelebihan berat
x > 30 obesitas


contoh: saya memiliki tinggi badan 165cm = 1,65m serta memiliki berat badan 60kg.
BMI = 60/(1,65)^2
BMI = 60/2,72
BMI = 22,06
karena BMI saya 22,06 berada di antara 18,5 hingga 25, maka berat badan saya termasuk kategori normal. Alhamdulillaah...

Dalam beberapa tahun ke belakang, terdapat peningkatan jumlah pasien obesitas, baik pada orang dewasa maupun anak-anak. Ada banyak hal yang dicurigai menjadi penyebab obesitas, salah satunya adalah kurangnya aktivitas fisik. Lihat saja, orang dewasa sudah jarang terlihat berolahraga. Mereka disibukan dengan pekerjaan dan yang lainnya. Begitu juga dengan anak-anak. Jarang sekali terlihat pada masa kini anak-anak bermain berlarian di lapangan. Yang kita lihat sekarang malah anak-anak yang sibuk dengan gadgetnya masing-masing. Tubuh menjadi kurang bergerak. Pola hidup yang terlalu pasif menjadi penyebab terbesar seseorang mengalami obesitas.

Dari data Obesitas di seluruh dunia, 13% mengalami obesitas dan 39% mengalami kelebihan berat badan (13% obesitas termasuk di dalamnya. karena obesitas termasuk kelebihan berat badan, namun lebih tinggi tingkatannya).
Dari tahun 1980 sampai 2016 kemarin, tercatat penderita obesitas naik dua kali lipat.

Jika Anda sedang mengalami obesitas, maka Anda perlu berusaha untuk menurunkan berat badan Anda sehingga menjadi ideal. Untuk menurunkan berat badan dengan cepat mudah dan murah, salah satunya adalah dengan berolahraga. Berikut ini adalah olahraga untuk menurunkan berat badan dengan cepat.
  1. Berjalan Mendaki. Jika Anda terbiasa menggunakan lift, cobalah sekarang Anda biasakan berjalan naik turun menggunakan tangga. Naik turun tangga dapat membakar kalori dengan optimal. Atau lakukan pendakian bukit di sekitar rumah. Itupun sama saja dapat membakar kalori dengan optimal, dan yang paling penting mudah, murah, serta dapat menurunkan berat badan dengan cepat. Lakukan rutin dan lakukan secara bertahap.
  2. Berjalan cepat. Jika Anda kesulitan untuk melakukan lari secara rutin karena terbatasnya gerak Anda, berjalan cepat adalah salah satu alternatifnya. Ketika berjalan cepat, kalori di dalam tubuh banyak yang terbakar. Berbeda ketika Anda berjalan secara santai saja. Ketika berjalan santai, sangat sedikit saja kalori yang terbakar.
  3. Lari. Jika Anda sudah mempraktekkan berjalan cepat, tidak ada salahnya Anda mulai mencoba lari. Anda bebas melakukannya, apakah mau di taman ataupun di treadmill di rumah. Namun saya sarankan larilah di alam terbuka seperti taman yang banyak pepohonan. Larilah secara rutin di pagi hari ketika udara masih sangat segar dan tidak tercemar polusi.
  4. Push up. Lakukan push up secara teratur. Tidak usah banyak-banyak secara sekaligus, justru akan membuat otot Anda cedera. Lakukan secara bertahap dan perlahan-lahan sesuai kemampuan. Berat badan biasanya menumpuk pada perut, tangan dan kaki. Karena push up melatih otot tangan dan kaki, maka lemak akan berkurang.
  5. Sit up. Berat badan biasanya berpusat pada perut. Maka dengan sit up otot perut Anda akan terlatih dan lemak di perut sedikit demi sedikit akan kembali normal. Baringkan tubuh Anda secara terlentang. Letakkan kedua tangan di belakang kepala. Kemudian angkat tubuh Anda secara perlahan lalu kembali ke posisi semula. Kami sangat menyarankan olahraga ini karena gratis, mudah dilakukan, dan efeknya sangat terlihat. Lakukan sit up secara rutin. Saya sendiri melakukannya ketika bangun tidur, siang, dan sore hari.
  6. Berenang. Olahraga air yang satu ini sangat dianjurkan bagi siapa saja yang ingin menurunkan berat badan dengan cepat, karena berenang adalah olahraga yang sangat banyak menggunakan otot-otot pada tubuh. Sehingga lemak yang terbakar pastilah sangat banyak. Dengan berenang Anda bisa membakar kalori hingga 500 kalori.
Sebetulnya sangat mudah dan murah jika Anda ingin menurunkan berat badan. Anda harus punya kemauan yang kuat. Buat apa Anda tahu olahraga apa saja yang efektif dalam menurunkan berat badan, namun Anda tidak melakukannya dengan serius. Anda harus bisa mempertahankan olahraga ini sebagai rutinitas. Ditambah pola makan yang baik dan istirahat yang cukup, tentu hasilnya akan sangat memuaskan. Tidak percaya? Silahkan buktikan sendiri.

Buatlah jadwal olahraga sesuai dengan kesibukan Anda sehari-hari. Ingat, yang terpenting adalah kemauan dan tekad yang kuat. Olahraga yang saya telah sampaikan sengaja saya pilihkan yang mudah dilakukan, dan murah. Sebenarnya masih banyak olahraga yang lainnya yang sama-sama efektif menurunkan berat badan. Namun 6 olahraga di atas saja sudah sangat mewakilinya.

Selamat mencoba. Semoga berat badan Anda turun dengan cepat dan memperoleh berat badan yang ideal. Dan yang terpenting semoga selalu dalam keadaan sehat.

0 Comments

Posting Komentar